Industri air minum dalam
kemasan di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menarik,
minat masyarakat luas. Salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang
berkembang pesat saat ini adalah PT Tirta Investama. Sebagai pemegang merk
Danone AQUA, PT Tirta Investama terus berkembang hingga mampu menjadi market
leader dalam bidangnya. Hal tersebut tidak terlepas dari peran para pemimpinnya
dalam membawa PT Tirta Investama hingga berhasil meraih kesuksesan tersebut.
Pada 18 April 2013, BINUS
Business School berkesempatan menghadirkan President Director PT Tirta
Investama – Danone AQUA Group, Charlie Cappetti untuk berbagi pengalaman dengan
mahasiswa, profesional dari berbagai industri dan entrepreneur dalam acara ‘CEO Speaks On Leadership’ yang
diadakan di Kampus BINUS Senayan, the Joseph Wibowo Center (JWC).
AQUA yang didirikan oleh
Alm. Tirto Utomo merupakan pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK)
pertama di Indonesia dan saat itu masih berada dalam naungan PT Golden
Mississippi. Pada 4 September 1998, AQUA dan Danone Group sepakat untuk
bergabung. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan
AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) terbesar di Indonesia.
Saat ini, Danone AQUA
memiliki 17 pabrik yang memerlukan para pemimpin kompeten untuk mengatur lebih
dari 12.000 karyawan yang biasa disebut Danoners. Sebagai induk perusahaan
AQUA, Danone Group menerapkan Danone Leadership CODE (Commited, Open, Doers,
Empowering), yaitu budaya kepemimpinan khas yang diinspirasi dari nilai-nilai
perusahaan; dimana pemimpin Danone harus mempunyai komitmen untuk masa depan
yang lebih baik, membuka diri untuk belajar dan berbagi dengan sesama, menjadi
pelaku industri yang cepat tanggap melalui pemberdayaan dan pengembangan sumber
daya manusia.
Selain itu, Danone Group
juga memiliki dual commitment, yaitu : pencapaian kinerja ekonomi dan perhatian
terhadap aspek sosial berjalan seiring-sejalan. Hal ini ditujukkan dengan
pendekatan bisnis yang mengkombinasikan tujuan ekonomi dengan tujuan sosial dan
lingkungan.
Inilah yang menjadi pegangan
PT Tirta Investama dalam berinovasi hingga mampu meraih berbagai penghargaan
bergengsi, baik di bidang bisnis, branding, kepedulian lingkungan hingga
kemasan.
Dukungan dari masyarakat
selama ini telah menjadi penyemangat bagi AQUA untuk selalu memberikan yang
terbaik dan terus berkembang bersama Indonesia. Dalam usia ke-40, dengan
semangat baru, AQUA berharap dapat terus membantu mewujudkan kemajuan Indonesia
melalui produk air minum dalam kemasan berkualitas dan berbagai inisiatif
berkelanjutannya; untuk esok yang lebih baik, untuk Indonesia yang lebih baik.
“Semoga CEO Speaks ini dapat
menambah wawasan para peserta untuk berinovasi sehingga berhasil menjadi
seorang leader yang kompeten,” harap Anita Michiko Tamala (Corporate Connection
Manager, BINUS Business School). (KD)
Comments
Post a Comment